News Detail

KOREA FESTIVAL 2017 : TRAVEL, FOOD & HANBOK (Posted On: 07 Oct 2017 by Sarah)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Korea Tourism Organization Jakarta (KTO Jakarta) kembali menggelar acara Korea Festival dengan tujuan terus aktif mempromosikan budaya dan pariwisata Korea di Indonesia. Acara ini terselenggara berkat kerjasama KTO Jakarta bersama dengan aT Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corp Jakarta (aT Jakarta) dan Asosiasi Korea-Indonesia. Korea Festival tahun ini kembali diadakan di Lotte Shopping Avenue pada tanggal 21 – 24 September 2017.

 

Acara pembukaan Korea Festival yang berlangsung tanggal 21 September dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Ketua Umum Astindo, Ketua Umum Asosiasi Korea-Indonesia dan beberapa tamu lainnya. Pada pidato singkatnya, Direktur baru dari KTO Jakarta, Mr. Kim Jonghoon, berharap Korea Festival tahun ini sukses mempromosikan pariwisata Korea dan semakin banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea, serta semakin memperkuat hubungan Korea dan Indonesia.

 

Pada acara pembukaan tersebut, aT Jakarta mempersembahkan makanan tradisional Korea  Bibimbap raksasa untuk di nikmati oleh 300 penonton yang hadir. Penampilan special dari SOPA (School of Performing Arts Seoul) juga memeriahkan hari pertama berlangsungnya Korea Festival 2017 tersebut. Para murid sekolah menengah kejuruan pertama di korea yang berfokus pada seni pertunjukan ini menampilkan bakat mereka dalam hal menyanyi dan menari.

 

Selain pertunjukan dari SOPA, ada juga peragaan busana Hanbok yang hanya diadakan 2 hari dari 4 hari berlangsungnya Korea Festival 2017. Tidak hanya penampil dari Korea saja yang diundang untuk meramaikan acara, tetapi penampil dari negri sendiri juga dihadirkan, antara lain Rizky Febrian, Calvin Jeremy, Adera dan Wizzy Williana. Keempat penyanyi tersebut hadir dan menghibur penonton dengan lagu-lagu hits mereka bergantian selama 4 hari berlangsungnya acara.

 

Berikut rangkaian acara yang digelar setiap hari selama Korea Festival 2017 berlangsung adalah:

 

1. Pertunjukan non-verbal The Painters: Hero

Tahun ini The Painters: Hero kembali datang ke Jakarta dengan tim yang berbeda untuk menyuguhkan pertunjukan ilusi ‘Live Drawing’ yang fantastis dan dibumbui oleh komedi pantomim ceria serta diiringi tarian yang memukau. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini mereka menambahkan ‘Marble Painting’ dalam pertunjukannya.

 

2. Demonstrasi tata rias khas Korea “K-Beauty Show”

K-Beauty Show merupakan demonstrasi tata rias wajah ala Korea yang dipersembahan oleh Pemerintah Metropolitan Daejeon. Penonton dapat belajar bagaimana cara menggunakan tata rias ala Korea.

 

3. Pertunjukan Busan National Academy of Korean Traditional Music (Salmunori)

Pemerintah provinsi Busan menghadirkan tim music Busan National Academy of Korean Traditional Music. Tim ini memainkan alat music perkusi tradisional Korea SALMUNORI.  Samul berarti 4 alat, sedangkan Nori berarti memainkan. Dimana terdapat 4 alat music utama yang dimainkan, diantaranya Janggu (Gendang berbentuk Jam Pasir), Puk (Gendang), Jing (Gong Besar) dan Kwaenggwari (Gong Kecil).

 

4. Pertunjukan Seni Bela Diri Taekwondo

Taekwondo adalah seni bela diri asal Korea yang juga sebagai olahraga nasional Korea. Dalam perkembangannya, Taekwondo dikemas secara menarik dan berevolusi menjadi sebuah pertunjukan seni bela diri yang menawan.

 

5. Kompetisi ‘K-POP Cover Dance’

K-POP Cover Dance kembali diadakan untuk para pecinta Kpop dan selalu dinantikan pertunjukannya. Tahun ini ada 8 grup terbaik yang sudah lolos dari preliminary round untuk kembali bertanding memperebutkan juara 1-3. 8 grup tersebut adalah Poison, Hipster Money, Apple, Cupcake, Primrose, Barbies Up dan Kryptonite. Pada Final Round,  Minggu, 24 September 2017, yang keluar sebagai pemenang adalah grup Poison di Juara 1, Kryptonite di Juara 2 dan Juara ke-tiga adalah Cupcake.

 

6. Pameran Pariwisata Korea

Berbagai booth Pariwisata Korea yang datang langsung dari Jeju, Gyeonggi, Busan, Daejeon dan PyeongChang memperkenalkan keunikan destinasi wisata masing-masing daerah di Korea. Dalam rangka menyambut Olimpiade & Paralimpiade Musim Dingin 2018, penonton dapat mencoba merasakan aktivitas bermain Ski melalui Permainan Ski Racing dan berfoto gratis di Photobooth PyeongChang.

 

Selain itu, aT Jakarta juga mengundang Chef Priscilya Princessa (Master Chef Indonesia) untuk melakukan demonstrasi masak makanan Korea agar penonton dapat mecoba dan menikmati berbagai macam makanan Korea. Adapula pameran produk makanan agro Korea Indonesia yang menggelar produk-produk pilihan yang dijual dengan harga promo spesial.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah muncul sebagai negara penting di pasar ekspor makanan Korea karena adanya peningkatan konsumsi kelas menengah dan preferensi untuk makanan asing yang berpusat pada kaum muda. Selain itu Indonesia merupakan pasar potensial bagi eksportir makanan Korea.

 

Direktur aT Jakarta, Nam Taek Hong, mengatakan “Karena makanan Korea yang ada di took-toko premium seperti Kem Chicks dan Ranch Market di Jakarta ternyata lebih inferior dari produk Jepang secara kualitas, maka kami melakukan yang terbaik  untuk mendukung ekspor dengan membangun dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat.”

 

Korea Festival 2017 telah berlangsung secara meriah, sampai bertemu lagi di Korea Festival 2018 mendatang!

 

Teks : Amy

Editor : Sarah

Foto : Medya

 


Comment


Leave a Reply

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberikan komentar